Filosofi, kopi?

Mengarah ke-hal yang lebih asing lagi. Filosofi, apa itu? darimana asalnya? siapa pelopornya?. Filosofi, filsafat, atau falsafah adalah ketiga hal yang memiliki arti yang sama, yaitu disiplin ilmu yang berfokus pada pencarian dasar-dasar serta penjelasan yang nyata (Chin & Krammer : 1991). Filosofi memiliki banyak arti dan definisi masing-masing tetapi untuk artikel ini kita akan menggunakan definisi menurut KBBI. Filosofi adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan menggunakan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab adanya suatu, asal adanya sesuatu, dan hukumnya. Secara singkat kita belajar filosofi agar kita dapat mengerti secara logika. Keadaan filosofi selalu digunakan untuk mencari/mempelajari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan segala sesuatu, semisal mengapa, bagaimana, dll.

Baiklah dengan filsafat atau filosofi kita harus memiliki akal logika yang baik, dapat berfikir lurus, tepat dan secara teratur dengan begitu jawaban yang menggunakan logika selalu menjadi pilihan utama untuk diterima oleh akal sehat manusia.

Filosofi merupakan hal yang sangat berat tetapi mengapa bercita-cita meminangnya?

Gameplay adalah istilah bagaimana permainan itu akan dimainkan. Saya selalu menaruh logika disalah satu gameplay (situasi) dalam hidup saya, namun selalu saja pemikiran saya pecah buyar karena saya tak dapat berfikir lurus, tepat dan akurat. Saya masih memiliki lebih banyak asumsi dibandingkan data ketika saya meneliti atau mempelajari sesuatu. Hal itu menjadi dilema saya. Saya ingin dapat memahami dan menguasai filosofi agar saya dapat mengerti dan mempelajari suatu hal dengan akal sehat dan secara logis.

Apakah hal berat akan menjadi tandingan anda?

Faktanya, iya. Hal berat selalu menjadi tandingan saya. Saya mengingat saya tidak dapat menguasai matematika. Apakah matematika hal yang berat? Tentu, seperti halnya pembelajaran pembelajaran yang lain, hanya saja pengertian yang diberikan untuk matematika itu sedikit sehingga tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Maka dari itu saya harus bisa mengatur waktu kapan untuk memberikan pengertian lebih ke filosofi, kapan memberikan pengertian lebih ke matematika.

Leave a comment