Kemana akal sehat Bapak?

https://metro.tempo.co/…/kaesang-dilaporkan-atas-dugaan-uja…
http://nasional.kompas.com/…/ini.kalimat.dalam.vlog.kaesang…
http://megapolitan.kompas.com/…/kaesang.dilaporkan.ke.polis…
https://seword.com/…/kaesang-dilaporkan-ke-polisi-dengan-t…/
http://palembang.tribunnews.com/…/viral-dilaporkan-ke-polis…
https://kumparan.com/…/kaesang-putra-jokowi-dilaporkan-ke-p…
http://nasional.republika.co.id/…/oslp7m330-kaesang-dilapor…
http://news.okezone.com/…/kaesang-pangarep-dilaporkan-ke-po…

Kalian sebagai manusia pakailah akal sehat pemikiran kalian, yang menjadi kontroversi adalah video Kaesang di Youtube yang berjudul #BapakMintaProyek di laporkan sebagai “hate speech” oleh seseorang bernama Muhammad Hidayat. Apakah bapak benar benar memnyerapi isi konten didalam video tersebut? Apakah bapak tau bahwa YouTube itu merupakan sebuah platform atau wadah besar dimana seluruh manusia berkumpul untuk mengeluarkan ide mereka? Terlepas dari orang yang melakukan pidato didepan banyak orang kemudian di upload ke YouTube maka itu tidak diniatkan untuk masuk ke YouTube melainkan ditujukan kepada pendengar dilokasi. Kaesang disini seperti YouTuber lainnya, mereka menghargai dan mendedikasikan YouTube sebagai tempat berbicara bebas. Saya tanya begini saja deh, apakah kalian orang tua mengerti bagaimana cara YouTube bekerja? saya bukan sok muda disini tetapi saya ingin bertanya betul betul karena YouTube itu luas, jika anda tidak menyukai kata seseorang yang ditujukan kepada audiens YouTube mereka, maka simple saja tidak usah sampai melaporkan. Bahkan kalo setiap YouTuber yang mengeluarkan pendapat mereka dan secara tidak sengaja konten mereka bersifat “explicit” maka semua YouTuber akan ditangkap semua.

Apakah bapak yang melaporkan benar benar tau isi didalam video tersebut? Kaesang disini mencoba menjelaskan bahwa sepertinya tidak jelas jelas amat bahwa anak kecil berparade sambil bilang “bunuh si ahok” sedangkan yang melapor kasus ini menuduh Kaesang menodai agama? Apakah yang bapak maksud adalah video tersebut berisi anak anak kecil memakai peci dan kemudian bapak menganggap Kaesang menodai agama Islam? Yang bener saja atau mungkin bapak mereferensikan “Untuk membangun Indonesia yang lebih baik, kita tuh harus kerja sama. Iya kerja sama. Bukan malah saling menjelek-jelekan, mengadu domba, mengkafir-kafirkan orang lain. Apalagi ada kemarin itu, apa namanya, yang enggak mau menshalatkan padahal sesama Muslim, karena perbedaan dalam memilih pemimpin. Apaan coba? Dasar N****” apakah bapak berpikir Kaesang menodai agama dengan dia berkata disuatu daerah ada beberapa orang yang tidak mau menyolatkan jenazah muslim karena memilih ahok? Begitukah? Kaesang tidak salah sedikitpun, bapak disini harus belajar “common sense” atau yang disebut akal sehat. Saya tahu memilih pemimpin yang berbeda agama dilarang tetapi tidak menyolatkan sesama muslim karena memilih pemimpin berbeda? Ini keterlaluan sekali, ini yang Kaesang coba jelaskan kepada kita semua bahwa itu buruk, kita sesama muslim seharusnya menyolatkan jenazah tersebut.

Kalian orang tua yang suka buka YouTube, jangan kaget kalo isi konten YouTube adalah kebanyakan freedom speech, suara kebebasan, suara yang mencoba menuju kedamaian. Saya heran sekali Kaesang ingin Indonesia mencoba mengajarkan anak kecil Indonesia sebagaimana mestinya, ini adalah kebencian tingkat atas, anak kecil saja sudah diajarkan kebencian, bagaimana besarnya? Saya yakin hanya akan sama saja menjadi bapak atau ibu ibu yang menonton berita YouTube clickbait.

Stay off from YouTube, old people who doesn’t know how YouTube community works. Belajar perbedaan ngomong dipublik dengan ngomong di YouTube. Orang-orang seperti Kaesang lah yang pantas berada di YouTube karena dia berani berbicara tentang kondisi buruk dan bersifat open-minded atau pemikiran terbuka. Mending kalian nonton berita clickbait saja daripada mengancam komunitas YouTube yang mencoba mengatakan kebenaran.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s