Balik lagi, sebelumnya saya mau ngasih tau kalo ini bukan penelitian melainkan review. Kita pangkas aja langsung ke pengenalan, singkatnya Budi Utomo ini adalah organisasi yang didirikan oleh Dr. Soetomo dan kawan-kawannya pada tanggal 20 Mei 1908 dengan Dr. Wahidin Sudirohusudo sebagai penggagas dari organsisasi tersebut. Apa yang menarik untuk dibahas dari Budi Utomo ini? Kalian udah tau Budi Utomo itu adalah organisasi modern pertama diIndonesia sedangkan apa yang menarik untuk dibahas adalah mengapa, siapa, kenapa, dan bagaimana?

Metode penulisan saya ini bakalan berupa review kaya review-review produk gitu dan saya secara pribadi untuk tugas ini bakalan mengeluarkan opini saya sendiri, bahasan kali ini adalah kelebihan sebuah organisasi Budi Utomo, pasti heran kan kenapa sebuah organisasi ada kelebihannya? Kelebihan yang dimaksud adalah nilai-nilai baik atau positif yang bisa dicerminkan dari sebuah organisasi seperti Budi Utomo. Kekurangannya, sudah jelas ini bakalan dibahas karena pepatah bilang “tiada gading yang tak retak” sebagus apapun hal didunia ini pasti memiliki kekurangan. Kenapa, dan ditugas review saya ini bakalan ngebahas kenapa sih Budi Utomo? Kenapa gak Sarekat Islam? Indische Partij? kemudian yang terakhir itu kesimpulannya. Cukup gampag yah metode review saya. Ohiya, saya hampir lupa kalo saya itu butuh sumber dan sumbernya itu skripsi penelitian ‘hubungan vrijmetselarij dan Elit pribumi Jawa’ dan buku ‘Boedi Oetomo : awal kebangkitan nasional’. Kenapa vrijmetselarij? Karena Budi Utomo merupakan orang-orang elit pribumi dan ada bagian yang bisa saya ambil.

Untuk link penelitian : http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20313438-S43747-Hubungan%20vrijmetsellarij.pdf

Leave a Reply

