Ular tangga sosial

Kali ini gue bakalan ngebahas dengan bahasa informal karena untuk beberapa memang ada artikel yang harus dibahas dengan formal ataupun informal dan itupun tergantung dengan pembahasan.

Oke, pembahasan gue kali ini tentang panjat sosial. Sering denger kan? menurut lo apasih panjat sosial, hah? lagunya roy ricardo? bener, itu lagunya roy ricardo tapi artinya? sebelumnya kita cari contohnya dulu biar lebih gampang. Lo sering liat temen lo minjem barang atau uang temen terus di pamerin entah ke media sosial ataupun secara langsung demi mendapatkan ketenaran dan status sosial? itu namanya panjat sosial, memaksakan atau memanjat status sosial. Panjat sosial bukan tentang lo minjem barang terus dipamerin biar lo keren tapi masih banyak lagi kalo lo ngelakuin hal itu. Pertama, keburukan udah pasti apalagi kalo lu ketauan pamerin barang orang. Kedua, gak sabaran dan gak mau usaha mendapatkan barang sendiri, nah ini yang menurut gue yang seharusnya gak boleh. Lo bakalan minjem barang orang setiap harinya, minjem uang dan lain lain terus dipamerin tetapi lo gak mau berusaha pake barang lo sendiri gitu, lo males, itu bakalan jadi kebiasaan dan kepuasaan diri lo sendiri.

Emangnya bisa ngilangin panjat sosial?

Panjat sosial gak terjadi di-Indonesia juga kok, gue yakin itu. Beberapa negara juga banyak dan masih banyak orang diluar sana yang berbeda negara mempermasalahkan hal yang kurang lebih sama. Panjat sosial udah jadi sistem sosial tersendiri di masyarakat dan butuh waktu yang lama supaya ilang. Menurut gue pribadi, lo teriak-teriak dimedia sosial kalo panjat sosial itu buruk, cacat, atau sebagainya gak bakal bisa ilang. Panjat sosial pasti bakalan selalu terjadi secara terbuka maupun terselubung. Tetapi dengan lo teriak-teriak dimedia sosial itu bakalan bikin orang yang tadinya minjem barang lo terus dipamerin bakalan sadar dan gak akan ngulangin lagi. Dan satu lagi, dengan lo teriak atau ngomongin kalo si A ketauan pamer pake baju si B gak masuk akal aja gitu, belum tentu bajunya si A itu baju minjem dari si B, emangnya itu baju cuman diproduksi 1 kali?

Tapi kan seharusnya bisa kalo dipaksain

Panjat sosial bukan masalah yang penting. Jujur aja, 99% bukan masalah yang penting-penting banget. Panjat sosial ini cuman masalah antar-individu kaya lo sama temen lo, cuman berdua doang dan seharusnya memang harus diselesain secara individu bukan ngajak temen lu ikut-ikutan masalah lo. Masih banyak masalah sosial yang harus dihilangkan dan masalah kalian dengan teman kalian yang disebut panjat sosial ini cuman 1% pentingnya bagi orang-orang.

Sebaiknya masalah panjat sosial ini diselesaikan secara pribadi atau kalo mau dibikin kapok yaa teriak-teriak dimedsos orang tersebut. Udah gitu sering kalo misalnya masalah udah selesai masih aja nyindir padahal emang udah selesai dan ini yang bakalan bikin masalah tambah panjang. Masalah sosial ini gak penting-penting banget untuk dipermasalahkan dalam skala medium ke besar karena yaa emang gak penting. Dan bagi lo yang minjem barang buat keperluan pribadi tapi taunya buat dipamerin yaa status sosial lo yang udah lo dapet dengan cara makeup sana-sini, ganteng sana ganteng sini, atau main kemana-mana itu bakalan merosot kaya lo main ular tangga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s