Secara teknis saya bukanlah seorang ahli psikologi, sosiologi atau bahkan ahli filosofi. Tetapi disetiap pemikiran manusia terdapat inspirasi atau penyampaian aspirasi melalui kata kata yang digunakan untuk mengungkapkan kebijakan diri mereka kepada orang lain. Pengungkapan kebijakan ini biasanya terjadi apabila adanya kesadaran yang meliputi pengetahuan semata didalam dirinya sendiri. Dan perlu diketahui semua manusia dapat mengungkapkan kebijakan dan mengembangkannya dikemudian hari guna motivasi hidupnya.

Kesombongan dapat digunakan sebagai salah satu arti dalam kebijakan, baik maupun positif ataupun negatif. Secara kasat mata kesombongan itu adalah statement atau pernyataan yang membanggakan invdividu atau kelompok secata negatif tetapi, kesombongan itu dapat digunakan juga sebagai hal yang positif, bagaimana bisa? Hal terutama dalam prinsip kesombongan itu adalah percaya diri, semakin kita sombong semakin kita percaya diri pada diri kita sendiri bahwa kita sudah sukses semisalnya. Hal kedua meliput rasa kepuasan yang cenderung mengarah ke batin atau sikap, dengan sombong kita bisa memenuhi kepuasan batin kita sendiri dengan mengira bahwa kita selangkah lebih maju dari lawan kita. Kedua hal ini yang nantinya akan menjadi stimulan diri kita untuk berkembang dan bekerja keras.

Banyak yang menggunakan kesombongan sebagai alas dasar kebohongan dan faktanya itu memang benar. Saya memiliki beberapa teman yang terlalu menyombongkan dirinya dalam hal-hal tertentu yang membuat saya secara pribadi dan pihak lainnya secara tidak langsung menjadi iri. Kesombongan tidaklah baik digunakan sebagai pedoman hidup walaupun dapat menjadi percaya diri dan stimulan rasa kepuasan namun itu hanya bersifat sementara. Kesombongan seharusnya diletakkan jauh dari ego manusia agar tidak menjadi senjata makan tuan yang keesokan harinya akan menyerang.

Kesombongan itu sekali lagi tidak diperlukan walau memang banyak sudah yang tau tetapi disini saya hanya menjelaskan kesombongan sebagai kebijakan itu bukan lah mustahil, melihat kebijakan memiliki ciri-ciri yang sama seperti percaya diri dan stimulan rasa kepuasan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s