Kenakalan Remaja

Sepertinya ini pertama kali saya menulis sebuah artikel di WordPress tetapi langsung saja ke bahasan kita.

Apasih yang dimaksud dengan Kenakalan Remaja? sebelum kita masuk ke inti pembahasan kita alangkah baiknya kita mengetahui definisinya dulu.Kenakalan Remaja menurut orang-orang secara singkatnya itu adalah kenakalan yang dibuat oleh remaja, memang benar tetapi menurut saya itu adalah suatu kenakalan yang disebabkan oleh remaja dan bersifat merusak maupun individu ataupun orang lain yang tak terlibat. Jadi, kenakalan-kenakalan ini yang nantinya akan ditanggapi oleh masyarakat atau kelompok sosial yang merasa bahwa yang mereka lakukan itu salah, baik positif maupun negatif.

Kenakalan Remaja yang kita kenal sekarang ini tak jauh dari narkoba. Jujur saya memang murid SMA dan saya memiliki pergaulan yang agak miring sebenarnya. Saya disini menjadi saksi kenakalan remaja yang diperbuat oleh teman saya dan kenakalan ini bervariasi menurut beberapa anak murid. Mulai dari membantah guru, merokok dikamar mandi, dan bahkan cabut jam pelajaran. Ketiga hal tersebut tak akan luput dari sekolah manapun walau mungkin salah satu dari ketiga kenakalan tersebut ada yang sudah dieksterminasi oleh pihak sekolah. Saya tidak dapat memantau perbuatan teman saya diluar sekolah karena itu adalah hak diri mereka untuk tidak dipantau atau diikuti tetapi disini saya sering sekali memantau kenakalan yang selalu disebabkan oleh anak remaja seusia saya. Narkoba menjadi salah satu pelaku utama atas penyebabnya kematian remaja yang seharusnya menjadi seseorang yang berguna dimasa depan. Lagi dan lagi pergaulan adalah faktor paling utama dan tertinggi untuk menjelaskan masalah ini.

Kenakalan remaja ini sudah berada sejak lama bahkan sebelum saya lahir saya yakin bahwa kenakalan remaja itu dari dulu sudah, contohnya tawuran yang suka dilakukan oleh pelajar era 90-an. Pelajar pada era tersebut melakukan tawuran sebagai hiburan. Selang waktu berjalan, tawuran mulai mereda dan kembali memuncak pada tahun 2012. Pelajar pada era 90-an harus waspada dan khawatir memakai seragam ketika menaiki bis karena bisa saja dikeroyok oleh pelajar sma lain. Tetapi pada zaman sekarang ini pelajar bebas menaiki bis ataupun angkutan umum tanpa merasa khawatir akan dikeroyok oleh pelajar lain, hal ini menjadi bukti bahwa tawuran sudah mereda tetapi pelajar sekarang lebih mengutamakan naik kendaraan bermotor daripada menaiki kendaraan umum. Mungkin saja karena pelajar membawa kendaraan bermotor tawuran pelajar sudah tidak menjadi tren lagi tetapi hal ini memberi untung bagi para pembisnis begal atau mungkin tawuran itu memang sudah tidak menjadi tren lagi? alasan ini menurut saya yang mungkin bisa disetujui karena hiburan pada saat kini sudah banyak dan tidak terbatas, mulai dari warnet hingga penggunaan smartphone berlebihan. Alasan ini saya setujui karena dulu pelajar butuh hiburan maka mereka tawuran, kalau sekarang mungkin hiburan sudah terlalu banyak dan tawuran itu bukan tren lagi.

Pembahasan ini membawa keujung pembicaraan. Solusi untuk mengatasi kenakalan remaja ini adalah mensubtitusi waktu diluar sekolah dengan waktu yang berharga. Pengawasan orang tua perlu dilakukan secara ketat. Saya sebagai pelajar jujur saja saya harus mengatakan bahwa kebutuhan masing-masing murid berbeda dan tak akan pernah sama jadi tindakan untuk mengatasi kenakalan remaja itu adalah memperlakukan murid berbeda beda sesuai kebutuhan mereka, bukan memperlakukan mereka dengan cara yang sama atau hasil yang keluar akan sama saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s